Sunday, November 10, 2013

SEMUA TENTANG JENGKOL..


RENDANG DAGING

BALADO  JENGKOL

SEMUR JENGKOL

GORENG JENGKOL

Kamu pilih yang manaaaa ?
Rendang Daging atau Balado Jengkol, Semur Jengkol atau goreng jengkol
Gue pilih  jengkol aja deuhhh.biar juga orang kate bau, biarinnnnn, doyan sih.
Bagi pengemar olahan  makanan yang memang bau ini, rasanya luar biasa.
Eunakkk tenann, raos pisan....Makyussss....gileeee enaknya asa di surga # lebay nggak sih.
Gimana dong kalo memang doyan, lue bilang apa kek, gue nggak pikirin.
Cuman gue tau diri, biasanya banyak diam habis makan jengki,
bener kata pepatah " Silent is gold "

Jengkol diolah menjadi makanan akan terasa enak karena testurnya yang lembut dan bau khas itulah yang membedakan jengkol menciptakana rasa enak dalam makanan. 
jengkol dipakai sebagai penganti daging, eitttttt.....jangan salah harga jengkol kadang bisa selangit loh. Itu membuktikan makan olahan yang bau ini, banyak yang pengemarnya.
Saatnya mengetahui apa itu jengkol, jangan cuman doyan aja ya.




  • Jengkol

    Jengkol (Archidendron pauciflorum) adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara.Jengkol dalam bahasa Inggris disebut dog fruit, bahasa melayu (Malaysia) disebut jering atau jaring, Myanmar disebut da nyin thee dan Thailand disebut luk-nieng atau luk neang.  Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan.


  • Di Jakarta dan Jawa Barat makan tiada jengkol terasa  kurang, makanya jengkol selalu ada dalam menu keseharian, baik dimakan mentah atau diolah menjadi berbagai bentuk olahan makanan lauk temannya nasi.
    Di Kalimantan Selatan jengkol bahkan dimakan tidak dengan nasi, bahkan dianggap hidangan sepeti kue. Jengkol cukup direbus, kemudian setelah lembek dipukul agar menjadi pipih. Jengkol rebus itu di siram dengan tai lala . Tai lala  adalah hasil pemasakan santan kelapa ditambah garam, gula sedikit merica. Santan yang mengental diatas itulah disebut Tai lala.

    Udah gue bilang jengkol itu bau,memakan jengkol walau sediki menghasilkan bau mulut, keringat, urin dan feses.
    makanya tau diri, habis makan jengkol banyak diam aja, solusi paling tepat. Memang sih untuk mengurangi bau dapat dibersihan dengan penyikat gigi, memakai deodoran. jangan lupa sehabis kencing disiram dengan jumlah air yang cukup lalu kalau perlu dibilas dengan cairan pembersih.
    Jangan lupa ya Sista, jangan sampe udah cantik bau jengkol, hadew...Rusak dah penampilan, gadis berbau jengkol.
    Untuk mengurangi  bau jengkol dilakukan dengan perendaman atau perebusan, Perebusan yang lama kadang memakan waktu, untuk praktisnya gantilah memasak memakai panci masak biasa dengan pressure cooker, cukup 20 menit, jengkol sudah masak lembek untuk menghilangkan bau tambahkan daun jeruk .

    Konsumsi jengkol jangan berlebihan, sangking doyannnnn sekali..Hidup jengkol.
    Hati-hati ya Sista , Jengkol dapat menganggu kesehatan.
    Jengkol mengandung asam amino yang disebut asam jengkolat . orang tententu walau sedikit jengkol menyebabkan keracunan biji jengkol (djenkolism).
    Konsumsi jengkol berlebihan menyebabkan terjadinya penumpukan kristal di saluran urine yang disebut "jengkolan" menyebabkan susah buang air kecil bahkan gagal ginjal. Ini terjadi karena jengkol mengandung asam jengkolat yang tinggi dan sukar larut di air pada PH yang asam. Konsumsi berlebihan akan menyebabkan terbentuknya kristal dan mengganggu urinasi.
    Jengkol juga bermanfaat bagi penyembuhan penyakit diabetes, jantung koroner dan melangsingkan perut buncit.

    Semua tentang jengkol.
    Ingat, Makan di  saat lapar, berhenti sebelum kenyang.
    Salam Jengkol

    ***










  • No comments:

    Post a Comment