Sunday, December 15, 2013

Ealaaaah..namanya KETONGGENG

Penampakan ketonggeng

Itu foto diatas, hasil jepretan mendadak...plus ane mendadak kepo.
Ini binatang apa?
Hobby bener keliaran di lantai rumah.
Alhamdulillaah ane tidak pernah berniat mematikan dibiarkan saja hidup bahagia.

Apa ya namanya? 
Apa ini hasil perkawinan silang antara binatang kalajengking dengan Jangkrik. 
sohib ane bilang bilang itu; JPJP..Jangkrik Pengen Jadi Kalajengking.
Coba perhatikan modifikasi antara kalajengking dan jangkrik; berwarna  gelap berkaki enam, memiliki bagian depan seperti kalajengking lengkap dengan capitnya dan bagian belakang mempunyai cambuk sepeti jarum seperti jangkrik.


Dengan mengusung 'cinta damai' untunglah,  ini binatang tidak pernah mencapit ane hanya saja jika  terdesak binatang ini akan mengeluar zat yang berbau sangat asam seperti cuka...# belum pernah terpikirkan, bikin acar timun cukanya diganti dengan binatang ini.

Disadari sebagai emak-emak rada kepo dan ndeso, binatang apakah ini?

Ealahhhh...namanya teryata  KETONGGENG.
ini bukan hasil perselingkuhan kalajengking dengan jangkrik.
Ketonggeng adalah  sekelompok binatang beruas mirip kalajengking namun memiliki semacam cambuk di bagian belakang, termasuk ke dalam bangsaThelyphonisa  Wikipedia

Dalam Bahasa Inggris binatang ini disebut " Whip Scorpions" ( Kalajengking cambuk)
Nama lain ketonggeng ( Whiptail Scorpion/theliphonyda) dikenal juga dengan Vinegaroon (Vine = cuka) karena ketika terancam akan menyemprotkan cairan gabungan dari asam asetat dan asam oktanoat yang menimbulkan bau seperti cuka.

Ketonggeng ini sangat efektif mengontrol populasi jangkrik dan kecoa. Ketonggeng aktif dimalam hari, makanan utama serangga, kaki seribu dan cacing serta kecoa...
Untunglah ane tidak pernah membunuhnya, ketonggeng predator  membasmi hama.

Nah, sekarang ane jadi tau tentang binatang ketonggeng.
Makhluk Tuhan yang imoet janganlah dibunuh, biarkan saja, nanti mati secara alami.

Semoga cerita hari ini bermanfaat bagi semua.

***








45 comments:

  1. Haha , acar timun. Whip Scorpion , keren gitu kok jadi Ketonggeng disini ? hehehe. Pantes aja kecoa mulai jarang wara-wiri , ternyata karena mr.ketonggeng, wah barusan aja menyemprotkan wewangian warna hijau yang membuat dua ketonggeng bingsatan dan berakhir dengan bau asam yang semerbak....tau gini kubiarkan melanglang buana, bagaimanapun lebih "sporty" dibandingkan sang pengelana kecoa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, Baru balas. Jangan di bunuh, ya @Abe Ltoru

      Delete
    2. Aduh kakak baru sja sya bunuh ketonggeng...soalnya hewan aneh n baru pertama kali saya lihat...karna merasa takut ada bisanya saya bunuh dy...soalnya dy keluar dari saluran pembuangan air kemarin sore n saya fikir kecoa soalnya lampu kamar mandi mati...trz tadi saya lihat ada hewan langsung saya bunuh ada rasa nyesel juga tadi bunuh hewan itu...trz setelah tw info seperti ini malah tambah nyesel banget...ternyata hewan itu bermanfaat sekali bagi manusia...😟😢😢

      Delete
  2. maaf mba, hanya mau memberi sedikit info, kayanya tulisan Thelyphonisa itu salah seharusnya Thelyphonida

    ReplyDelete
  3. Kalo setau saya ini kena capitnya bengkak atau kena cairan nya bisa gatal2 panas loh mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu ya, kebetulan saya belum pernah dicapit sih, cuman sering mencium bau menyengat saja kalo ketongeng sedang marah

      Delete
  4. Replies
    1. Nggak hewan ini bisa menjadi predator alami, bairkan saja ketonggeng hidup bahagia ya dik Ricy

      Delete
  5. makasih penjelasannya, ga penasaran lgi jdinya, tdi gua nemu di sawah lgi pas gua mancin ikan, tuh binatang lgi ada di bawah kayu triplek pas iseng gua angkat tripleknya eh ada gituan , pertama kalinya liat ya jadinya gua bawa pulang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketonggeng memang hewan yang tidak familiar seperti hewan lain, malah dikira kalajengking.

      Delete
  6. Barusan saya cod sama serangga tersebut , saya pikir ini beracun , saya semprot baygon tpi malah makin kuat , jadi inti nya serangga ini gk berbahaya yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tidak berbahaya, saya suka membiarkan dia hidup rukun dirumah saya, kasihan sih, juga jeni ketonggeng sebenarnya menakut, selalu mundur kalo melihat manusia, kecuali diganggu.

      Delete
  7. di daerah saya banyak sekali mbak udh sering di matiin eh masih ada lgi ada lagi di toilet cara agar hewan ini hilang gmn yaa biar saya gk kepancing buat membunuhnya ? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangi ketonggeng, dia predator alami

      Delete
    2. Tapi kalo ngeganggu manusia ya sama ajalah mau gamau harus dibunuh,

      Delete
  8. Mbaknya cantik nih, kenalin donk :D

    ReplyDelete
  9. Aku barusan nemu tapi karena pertama kali liat dan gatau fungsinya apa, malah aku bunuh gara-gara bentuknya agak mencurigakan :( takut berbahaya ternyata engga, nyesel asli :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling tidak sekarang jadi tau, ini makluk Allah yang di ciptakan banyak kegunaannya, kalo ketemu, jauhi saja.

      Delete
  10. Agar hilangnya bagaimana mbak? Sebagai umat manusia saya juga meyanyangi hewan tapi klo dipikir dengan logis orang itu beda2, ada yg berani sama ketonggeng ada yg enggak. Terutama saya (yang gak berani) apalagi saya tidak suka sekali dengan baunya bisa mabok. Nah bagaimana cara menghilangkan ketonggeng atau mengusirnya saja? bukan berarti saya gak sayang sama predator alami, drpd saya bunuh nanti2nya. Kalau tahu, dimohon untuk dijawab ya

    ReplyDelete
  11. Saya baru aja matiin tuh ketonggeng karena bentuknya yang mencurigakan dan kebetulan saya punya baby yang lagi hobi wira wiri jadinya cari aman aja deh..saya bunuh deh..

    ReplyDelete
  12. Saya baru aja nemu ni hewan..pas masuk wc dikira jangkrik eh pas dideketin kok ada capitnya kaya kalajengking..wah jadi ngeri ngliatnya...saya tanya ke istri ini hewan apa..eh dia juga ngga tau...tadinya mau aku bunuh..tapi kata istri jangan..mending disiram aja keselokan air...rasa penasaran yang tinggi itu hewan apa.. coba cari di google..eh dapet juga infonya...terima kasih atas infonya buat admin..untung aku ngga bunuh hewan itu soalnya dirumah suka ada kecowa berkeloaran..mungkin karna itu dia datang...hehe...

    ReplyDelete
  13. Ketonggeng itu datang kalau ada kayu yq lembab.. atau kayu yq basah ...kayu tsb sudah lama lembab.. dia bisa merusak kayu tersebut..dan membuat rumah di kayu2 yq lembab

    ReplyDelete
  14. Knapa suka di kamar mandi?? Karena bisa jadi lembab atau dia terjatuh dari atap kmar mandi yq lembab

    ReplyDelete
  15. akhirnya namanya ketemu ketonggeng ya. selama 30thn br sy nemuin serangga ini setelah pindah didaerah pinggiran jakarta. awal ketemu hewan ini karna suka beterbangan msk mushola pas lg sholat. terus terang sy paling takut sm seranga2 yg terbang yg berkaki tajam seperti kecoa. jd sering gk konsen sholat klo ada serangga ini terbang takut hinggap dimuka heheh. setahun belakangan ini sudah jarang terlihat krna sudah byk tanah dikomplek perumahan sudah dibangun rmh. tp skr ini saat sy ngetik ini habis tanggap serangga itu dpn teras rmh dan sy masukin plastik. memang td sempet nyium bau asem ky cuka jd sempet mau muntah. sy jd bs lebih jelas liat serangga ini dr plastik krna bening. memang bentuknya perpaduan jangkrik dengan kalajengking seremmm.cm capitnya agak beda dgn kalanjengking. klo bs posting gambarnya sy posting ini. yg jelas subhanallah byk mcm2 binatang serangga yg Allah ciptakan di bumi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beterbangan?
      bukannya ngga pnya sayap

      Delete
  16. Jadi.......,apakah ketonggeng ini berbahaya?

    ReplyDelete
  17. nemu satu..trus masukin taperwer..

    ReplyDelete
  18. Semalam saya nemu dkamar, entah dari mana datang nya soal nya kamar saya dlantai 2. Saya semprot pake HIT tapi keep calm ajj tu binatang, saya merinding liat nya trs saya sapu keluar dan bner saya mencium bau cuka. Saya takut binatang nya berbahaya maka nya saya basmi. Jadi nyesel tpi tetep takut..

    ReplyDelete
  19. Ga sengaja kena pegang.. Gimana cara ngilangin baunya? Bau banget, pake sabun mandi, sabun cuci piring, sabun colek, tissue basah ga ada yang mempan.. Masa kudu pake cara extrem?

    ReplyDelete
  20. udah nemu dua di kosan, karena bingung dan gatau itu hewan apa akhirnya aku bunuh :( maaf ketonggeng

    ReplyDelete
  21. Astaqfirullah...baru saja saya bikin tewas 1.soal ny br pertama kali lihat,padahal umur sdh 1/4 abad,sumpah baru kali ini lihat.
    Pas lihat sy kaget,di fikiran sy cm ada 1 yaitu berbahaya ne buat anak2,jd langsung aja sy eksekusi.😢
    Stelah baca artikel di atas sumpaahhh....sy jd merasa bersalah.
    😦.
    Tp aroma ny keras banget,sama kyk cuka.

    ReplyDelete
  22. Niatnya mau cari artikel cara membasmi ketonggeng karena akhir2 ini hampir tiap hari mereka selalu muncul pdhl sudah ku bunuh berkali2. Ternyata ketonggeng ada manfaatnya, tapi tetap saja ku takut dan akan tetap di basmi kalo nongol lagi huhu

    ReplyDelete
  23. Barusan ini hewan masuk ke kasur saya padahal saya tidur pake kelambu , pass banget di samping anak saya saya kaget ... Reflek saya bunuh deh itu binatang asli gregetan bisa masuk ke kasur padahal kan pake kelambu 😭😭😭

    ReplyDelete
  24. Yaaah aku udah bunuh banyak 😭😭😭 baru tau soalnyah,baru cari tau setelah beberapah kali ketemu ketonggeng jadi penasaran,dirumah tetep ada,kecoa juga ada ,apa mungkin merekah udah sahabatan 🥺

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara bunuhnya gimana btw, masa muncul terus di kosan, mana sndiri lg gada yg dimintain tolong😭

      Delete
  25. akhirnya nemu ini !!!!!! yes i know what to do, siram aja ke selokan selalu nemu hampir tiap hari di toilet kos kos an ... rasanya pengen tinggal di hotel ajah hahahah

    ReplyDelete
  26. Ane juga termaksuk orang yang hehehe kepo..
    Binatang apakah itu...???

    ReplyDelete
  27. Terima kasih postingannya mbak, saya lagi cari tahu namanya, karena barusan lihat di Rumah. Cukup exotis ya, seperti jangkrik tapi punya tangan capit :-)

    ReplyDelete