Tuesday, August 25, 2015

Kenapa sih suka membedakan kucing ras dan dome

"Iihhh, inikan kucing kampung, murahhh tau. Dikasih juga enggak bakal mau, eikeh. Banyak noh! dijalan. Lihat nih, kucing eikeh, kucing anggora, mahallll tau!". Pernah mendengar kalimat itu, sering ya...Kalimat dari golongan pencinta kucing ras. Kucing kampung tidak ada dalam koleksi kucingnya.

Yang nyesek tuh! setiap saya beli makanan kucing jenis mahalan dikit (df). Pasti deh, sesama pembeli langsung nanya," Buat kucing ras, ya, Mbak?"
Spontan saya jawab, "Nggak, Mbak. Ini buat kucing domestik. Biar juga dome, saya sih, kasih makan dan perawatan, yaaa nggak kalah kelas deh sama kucing ras. Kucing  saya sehat dan gemuk. sudah disteril semua..."

Terus saya sadar sendiri, dia nggak nanya, kok, saya jawab puaannnjang banget. Maklumlah, sedikit emosi. Kenapa sihhh, harus membedakan, mana kucing Ras dan kucing Domestik...#Pake istilah 'dome' biar kekinian dan mengangkat derajat kucing kampung. Terus saya sadar lagi, mungkin beberapa orang belum tau. Mereka kira, dryfood makanan khusus buat jenis ras, kalo kucing dome, cukuplah dikasih nasi dan ikan cue.

Bagi saya, semua kucing sama. Cuman saya termasuk golongan pencinta kucing kampung. Bukan tak suka kucing Ras, saya sukaaa, cuman saya memilih kucing dome, karena punya sejarah yang menyedihkan. Saya adopsi, karena dibuang usia muda, melahirkan di depan rumah. Murni hasil rescue. Saya juga pernah merawat kucing ras, namanya Gogo. Dilepas liar pemiliknya, setelah saya steril dan sehat, eh! malah diambil lagi. Sakitnya tuh disini, sudah terlanjur sayang.
Lain waktu, saya di tawarin teman, seekor kucing ras Himalaya, dikasih gratis, malah saya tolak. Kasih aja buat penyayang kucing lainnya saja. Belum ditawarin, pasti langsung oke, maklumlah, kucing bagus. Jarang ada yang nolak...#bener tidak kata-kata saya. Coba kalo ditawarin kitten dome. pasti mikir-mikir dulu. Betul tidak?
Jadi, saya lebih fokus dengan kucing dome sajalah. Bukan anti Ras, loh.

Ada lagi nih, Pencinta semua kucing. Tingkat paling atas.Pencinta ini, mengadopsi semua  jenis kucing, yang di khusus, kucing rescue. Kucing domestik yang terbuang, terluka, cacat dan malnutrisi, semua ditampung, di selamatkan dan diberi kasih sayang. Bahkan, banyak juga, kucing Ras dihibahkan dari petshop karena diare, jamur dan tidak laku dijual. Yang paling menyedihkan, kucing ras dibuang di jalan oleh pemiliknya karena tidak menarik lagi, penuh jamur, scabies, calici, bulunya rontok semua. Sebenarnya kucing ras paling menderita di banding kucing domestik yang bebas berkeliaran. Kucing ras, umumnya di taruh di dalam kandang atau di dalam rumah, jarang bebas keluar. Keluar sebentar, sudah hilang digondol orang. Pencinta kucing semua kucing hasil rescue itu, bagi saya, manusia yang hebat sekali, bersedia meluangkan waktu, tenaga dan uang, demi keperduliannya pada kucing.Ini Kucing loh! jarang ada yang begitu. Salute!!
Jujur... Saya belum sampai ke tingkat itu.Saya sadar, kemampuan saya sampai dimana. Rumah saya belum bisa menampung banyak kucing dan perlu biaya banyak. Namun, saya tetap membantu semampu saya.

Ada loh, Pencinta kucing, yang suka memaksakan diri, kucing hasil rescue, mau ras atau bukan, apalagi yang memiliki cacat fisik di tampung di rumah. Akhirnya, dia  kerepotan sendiri, lalu berkeluh kesah di komunitas kucing, minta donasi dengan menayangkan kucing-kucingnya. Donasi masuk atas dasar ikhlas tersebut, saya jamin tidak seratus persen buat beli makanan kucing, hawong pemiliknya aja belum mampu beli makanan sendiri. Ini bukan su'udzon, loh. Kenyataannya, memang begitu. Jadi, wajarlah, menolong kucing tapi jangan melebihi kemampuam. Kalo dirasa cukup, bisalah kucing lain dirawat pecinta kucing lainnya.

Nah tuh, ada tiga golongan pencinta kucing: pencinta kucing ras, pencinta kucing dome dan pencinta semua kucing. Bagi saya, semua tidak masalah, mau masuk kategori mana. Yang terpenting, semua berasal murni dari hati. Bukan cinta kucing ras karena memiliki harga jual, kemudian meremehkan kucing dome. Saya suka sedih, nyelekittt hati kalo suka membeda-bedakan.

Kebetulan ada teman rescue, Mbak Tiwi. Setiap akan steril kucing selalu naik angkutan umum.
Duduk diantara penumpang, keranjang rio dipangkunya.
"Kucing ras ya, Mbak?"
"Kampung, Bu." Jawab Mbak Tiwi, spontan muka ibu itu berubah jadi sinis. Aneh.
Sedih banget, kenapa sih suka membedakan kucing Ras dan kucing Dome/kampung.
Padahal kucingnya aja, nggak pernah tau, dia ras atau bukan. Tetap aja suaranya sama,"Meonggg...purrrrr."
Tetap aja, pup dan pee, sama bentuk dan baunya. Tetap saja, sama menarik dan lucu gerak geriknya, cuman hidung dan bulunya saja yang berbeda 

Saya berharap, dari tulisan saya ini, pencinta kucing ras, juga memelihara kucing dome, khususnya diadopsi dari rescue dari jalanan. Dengan demikian, akan muncul di nuraninya rasa empati atas nasib kucing dome. Tidak lagi, berkata miring tentang kucing domestik. Pada akhirnya, saya berharap, pencinta kucing ras, tak ada lagi keinginan untuk mengembang biakan kucing ras untuk di jual belikan.kecuali memang mengembangbiak kucing untuk menambah hewan peliharaan, tidak masalah.

Bagaimana dengan nasib kucing dome? jelas aman dari jual beli, namun kini, bahaya mengintai mereka. Kucing dome malah jadi bahan makanan.Kenyataannya,  kedua kucing tidak ada yang aman.
Sekali saya berharap tak ada lagi, membedakan mana kucing Ras dan kucing Dome. Tetap saja , mereka kucing. Yang punya hak untuk hidup nyaman, terhindar dari penyiksaan.
Maaf, jika tulisan saya tidak berkenan. Sekali lagi saya mencurahkan perasaan saya, tentang prihatin saya, jika masih ada orang, yang selalu membedakan perlakuan antara kucing Ras dengan kucing Dome.

68 comments:

  1. Dua dua anakku suka kucing baik ras maupun kucing domestik mbak. Tapi saya nggak telaten ngurusin kucing. jadi ya nggak piara deh di rumah. Anakku seneng kalau main ke rumah sepupu atau temennya yang piara kucing. Karena mereka berdua suka kucing dan sayang ma kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu saat bisa memelihara kucing ya. Berarti anaknya akan jadi catslover.

      Delete
    2. Mbakk een gimana cara ngurus kucing kitten dome yaa?

      Delete
  2. Aku pecinta kucing. Aku lebih suka kucing domestik. Jika dilihat dari fisik, dome lebih seksi, gagah, lincah, gak manja, bisa lari gesit, cari serangga bahkan tikus.
    Kalau ras memang cantik, estetika, lucu, gemesin, terkadang juga jiwanya jiwa domestik yang suka berburu. Tapi aku gak sukanya, dia terpaksa harus dikurung, dijaga, jangan sampai keluar.

    Aku gak suka ngurung kucing. Tapi kucing ras kalo gak dikurung, bakal dicuri orang. Pasti deh, ada kekhawatiran kucing yang cantik bagus itu diambil orang.

    padahal mreka sama aja. Sama-sama bakal pulang meski dilepas ke luar. Tapi kucibg ras, belum sampe rumah, bisa-bisa dicuri duluan. Lebih ribet sih.

    Jadi aku lebih suka domestik. Meski skrg aku dihibahin kucing blasteran sama kawan, karena dia udah kebanyakan kucing. Kebetulan aku ada banyak waktu utk merawatnya. Kucing dome kecil terakhirku udah meninggal karena sakit. Hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin, itu yang membedakan kucing dome dan ras. Memelihara dome lebih mudah, mereka lincah dan tak takut di curi orang

      Delete
  3. semoga orang orang seperti ini makin banyak

    ReplyDelete
  4. Aku jg piara kitten dome nemu dijln, mknanx sm sm anakku, ankku mkn ayam dia jg mkn ayam, anakku mkn ikan, dia jg mkn ikan. Cm anakku ikan/ayamx digoreng, dia direbus sy tambahin jg wetfood friskies buat selingan, sygx kitten ga doyan dryfood, udah di beliin mlh ga disentuh, akhirx disedekahin kekucing2 yg suka minta mkn kermh. Trus Anakku mkn 2x sehari + sarapan pagi cereal, sikitten mknx bs 3-4x sehari. Heheheh...nafsu mknx bgs, Lucu deh si kitten, klo lapar ga mau diajak main, klo ngantuk suka naik dipangkuan. Syg skrg lagi meler, bersin2 melulu. Kasian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing juga seperti manusia dalam selera makan.Kadang df nggak suka, ada yang sebaliknya.hanya suka DF

      Kalo flu kasih Amoxsan di split dengan tabung suntik. beri vitamin, semoga kucingnya cepat sembuh.

      Delete
  5. Aku setuju dan sependapat sm mba vindy putri..
    Aku lebih suka dome cat dibandingkan ras krn hal itu. Soalnya pada awal bulan desember kemarin kucing ras yg dihibahkan ke aku lg hamil dan pas ditinggal dikamar eehh malah kekuar dan dicuri orang...sedih bgt sih, tapi mau diapa? Bukan rezeki saya utk memelihara kucing ras. Skrg kucing dome ku sehat dan lincah namanya Shiva the male dome cat..dy selalu ngikut kemana2 walopun sy ke toilet. Tidurpun begitu, selalu tidur dikaki ku sampe2 pegel gk tega mw mindahin kaki ku takut dy bangun...
    Yah itu sedikit cerita sy ttg kucing sy bernama shiva the male domecat yg selalu sy sygi dan sdh sy anggap sbg anak sendiri...thanks buat bu een endah atas tulisannya yg sgt sy suka dan mngkin bs menyentuh bgi org2 yg memandang sebelah mata kucing dome.
    Ditunggu tulisan selanjutnya ya bu...salam dari Shiva 😸😸😽😽😻😻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung. salam sayang dgn Shiva. Semua\
      kuciNG adalah sama, berbunyi...meonggg. Hanya manusia yang suka membeda bedakan

      Delete
  6. Ternyata mbak sm persis seperti saya... sebenarnya saya kurang suka memelihara hewan di rumah, disamping saya sibuk kerja, ngurus kelurga jg malas klmembersihkan kotorannya. Tetapi suatu waktu didepan rumah saya kedengaran anak kucing yg ngeong2 teruss sampai kl sy hitung 5 hari...hati saya tergerak rasa iba sekali mbak..g tahan dengarnya..lalu sy cari sumber suaranya, ternyata bayi kucing sendirian terjebak ditas eternit dibawah genteng yang susah sekali dijangkau...tdk ada induknya ternyata..matanya jg masih belum terbuka...hhh kasian sekali..saya membayangkan kl anak saya msh kecil berhari-hari tdk makan atau minum...akhirnya saya cari akal bgm untuk bisa mengambil bayi kucing itu.. lalu dibantu tetangga saya kucing itu bisa diambil..tetapi siapa yang mau merawat yang cuma kucing kampung??..akhirnya saya putuskan biar saya aja yang merawtanya meskipun seumur umur sy blm pernah merawat kucing..saya belikan dot, saya belikan susu kucing saya berikan makanan kucing, sampai pernah saya bw ke dokter karena kelihatan sakit. Saya kasih nama abu..saya rawat si abu,,,sekarang sdh mau 5 bulan..nurut banget si abu sm saya mbak..kl saya plg kerja pasti sudah dijemput di depan pintu, kalau sy sedang kerja di rumah smp mlm si abu selalu nungguin saya.....Akhirnya sekarang saya suka dengan kucing lokal.... Kalau kucing ras...bukan saya tidak suka tapi saya lebih memilih kuncing lokal, karena saya pikir tidak banyak orang yang mau merawat kucing lokal...bahkan saya sendiri sempat ditertawakan katanya...""alahhh kucing kampung aja sampe segitunya.." sakit hati jg sy mbak...tp ga sy pikirin...bodo amat.Malah suatu hari mbak...saat abu umur 4 bulan...di atas genteng tetangga sebelah rumah ada anak bayi kucing yang ngeongg terus berhari-hari..seperti ga ada induknya....saya coba cari g ketemu..ehh menjelang subuh tiba-tiba bayi kucing itu sdh ada d dalam halaman rumah saya...ternyata mereka tiga bersaudara...kasihan sekali mbak mereka ngeong - ngeong seperti minta perlindungan.mungkin karena haus...ditinggal induknya..akhirnya dengan rasa kasih sayang, mereka saya rawat juga mbak...sekarang kira2 umurnya 7 minggu...Ah saya jd curhat nih mbak.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allah sudah memilih orang-orang yang berhati lembut seperti Mbak Nawang Sari. Semoga diberi keberkahan, rezeki yang banyak ya.

      Delete
    2. haha jawab aja... kamu juga orang kampung, bukan orang bule ahhaha...

      Delete
  7. Sy jg spendapat sma mbak.sy piara kucing dome cwe belang tabby udah hmpir 3 taun sama saya n ilang udah semingguan sedih bgt kbwa mmpi trs ;( tiap kali nyari dia psti dtnya sma org2 skitar emang kucing nya anggora,persia ato ras apa sih smp segitu nya yah kucing sya kucing kampung biasa mau kucing apa ya sama aja sya syg sma dia ga ada kucing jenis apa pun yg bsa ngegantiin dia dekat bgt sma sya tidur jg sma saya.sya jwb gitu org nya bengong,bkin nmbah kesel ajatp masa bodoh lh sma org2 brfikiran smpit ky gitu :( . moga makin bnyk aja org yg peduli hewan khusus nya kucing kya kita ini ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin.. Tak ada bedanya ,kucing ras dan lokal, sama kucing, walau ada kelebihan dan kekuranga. Saya berharap agar setiap orang tidak membeda bedakan ke dua. salam juga ya..

      Delete
  8. halo mba Een, saya Ayu. beberapa hari ini saya berpikir untuk mulai memelihara kucing karena saya butuh teman di rumah. saya kuliah di jogja dan tinggal di rumah kontrakan. saya tinggal bersama kakak saya, tapi karena beliau sekolah S2, jadi kuliahnya cuma sebentar dan sering pulang kampung. dari sini saya berpikir untuk pelihara kucing. saya suka kucing dome seperti mbak een, karena menurut saya mengurus kucing dome tidak terlalu susah. kebetulan saat SMA dulu saya pernah memelihara kucing dome, tapi hanya beberapa minggu saja, kemudian saya pergi study tour beberapa hari dan saat pulang kucing saya sudah tidak ada, kata ibu saya dia kabur :(
    saya mau bertanya sama mba Een, berapa sih pengeluaran perbulan untuk memelihara kucing dome? karena saya masih mahasiswa dengan uang jajan perbulan yang ga seberapa, sebelum saya mulai memelihara kucing, saya mau memastikan dulu kalau kucing saya nanti hidupnya gak susah hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Saya juga pelihara kucing dome mbak een, perlakuan yg saya berikan sama seperi dengan kucing ras, karena sejujurnya perlakuan tersebut justru memudahkan dan membuat kucing kita semakin pintar, dengan makanan seperti makana kucing ras (dryfoot) sangat praktis hitung2 lebih hemat, dan yg lebih utama kalau kita sediakan makan cukup maka kucing kita tdk akan pernah berkeliaran kemana2, dia kan nyaman dirumah, yg tentu saja tdk mudah hilang, kebetulan saya dapatkan kucing dome rata2 masih kecil dan bayi yg dibuang di di got, ketika saya ambil rata2 masih bayi, terus terang kucing dome kalau diurus baik2 tdk kalah cantik dari pada kucing ras. Intinya jangan pernah kita kasih makanan yg mengandung garam, agar bulu2nya tebal dan tdk mudah rontok...

      Delete
    3. Mbak Annisa Ayu, senang kalu adik mau memelihara kucing lokal, untuk itu tidak ada perawatan khusus, karena bulunya pendek dan kucing lokal umumnya aktif, hanya saya seminggu sekali memanndikan, memnerikan vitamin, untuk makan bisa apa saya, asal jangan diberi nasi, krn nanti pupnya lembek, krn kucing tidk memerlukan karbohitan, kasih ika kukus atau df. makasih sdh berkunjung di blog saya.

      Delete
    4. Hallo mbak Ria Ambarwati, kucing dome tak kalah cantik dengan kucing ras kalo dirawat dengan baik. Waa...sama ya, saya juga suka memelihat kucing dome yang punya sejarah mengharu biru, ada rasa ikatan batin yang kuat diantara kami. Saya juga memberi edukasi untuk steril kucing dan jangan membeli tapi adopsi. Salam dari Bogor

      Delete
  9. saya pemelihara kucing masih baru banget, ga banyak sih cuma dua...lokal dan ras (mine coon) kucing lokal saya kasih nama cemonk, karna nemunya pada umur dua bulan sehabis sholat subuh waktu sedang makan ada suara anak kucing ngeong gak berenti..spontan ikan yg ada dipiring saya bagi dua buat si cemonk, kurus kotor dan pastinya bau. makanya saya kasih nama cemonk, sekarang sudah tumbuh besar dan pastinya gemuk juga mempunyai bulu bagus, mandi seminggu sekali, vitamin obat obatan makanan susunya tidak pernah absen, saya rela gak makan ikan atau ayam kalo si cemonk lagi bosen sama menu sehari harinya, kebersihan makanan dan tempat juga tiap hari selalu bersih buat kenyamanan anak saya kalo mau bermain sama si cemonk, cemonk tidak punya kandang tapi ruangan khusus, kalo kucing mine coon saya gak perlu diceritain judulnya pasti kucing ras tapi buat saya sama aja sama sama kotorannya bau liat mukanya aja serem mirip harimau bikin takut istri saya..hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip mirip euy sama cerita anak anak bulu saya.. hahahaha

      Delete
    2. Hai sdr Makmud, saya turut terharu membaca komentar. Memang, kucing itu membawa pengaruh positif pada diri kita sendiri, merawat hati dan mau berbagi makanan, dan mengeluarkan sebagian rezeki kita sebagai sadakoh.

      Delete
    3. Pasti setiap catslover selalu punya cerita yang mirip ya mbak Yalatifah Bintari. Salamm.

      Delete
    4. Yalatifah..alhamdulillah kalo punya cerita yang sama.paling tidak.ada hub.yg erat dgn kucingnya

      Delete
  10. Kak, aku mau tanya dong.. kitten ku diare.. udah masuk hari ke empat (kalo aku ga salah) udah disuntik dokter, obat minum, oralit, air kelapa muda. Tapi masih aja poop nya air, dan gamau makan.. tolong sarannya kak biar dia mau makan gituu disaat diare gini.. aku kasian liatnya lemes bgt..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sudah lemas begitu harus dibantu cairan dari infus, karena sangat susah mengobati kucing yang nggak mau makan. Semoga cepat sembuh ya

      Delete
  11. Replies
    1. saya bercerita seputar yang saya lihat lalu di tulis. salam

      Delete
  12. Alhamdulillah sya juga suka kucing kampung dripda ras....

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kucing itu sama baik ras dan dome, bahkan rasbanyak sekali terlantar, saat sakit dan tak lucu bahakan bosan dibuang dijalan, nasibnya terlentu lunta

      Delete
  13. tulisan yang sangat bagus mba, menyentuh. tadinya saya bosan karena kucing dirumah ternyata "dome". tapi setelah baca tulisan ini saya jadi respect lagi sama kucing saya. sayang, udah nurut soalnya hehe 🐈

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahamdulillah, kalai sudah terjadi perubahan sikap, dome yang dirawat dengan baik akan menghasilkan kucing yang sehat dan bagus. salam hangat ya

      Delete
  14. Saya punya 6 kucing dome, tetep aja ada yg ngambil.

    Ilang 3 diambil orang
    Terus 1 diadopsi orang,orangnya sendiri lagi yg minta buat di adopsi ke dia

    Mungkin karna kucingnya gemuk kali ya...
    Orang jadi gemes liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah, dome gemuk sangat menarik juga sangat lincah. semoga ga hilang, bisa dikasih kalung utk menandai berpemilik

      Delete
  15. Ijin nge share ya mbak Een Endah ?

    ReplyDelete
  16. Mbak,mau tanya. Mgkn mbak udah pengalamn peliara kucing dome. Aq dl ny paling gk suka kucing,nmun kmrn nemu baby kucing dome d bawah mobil. Jd d urus. Skrg udah besar 7bln. Tp 1 ny udah mati 4hr lalu krn sakit batuk2 udah lama d bawak k vet udah lemah. Skrg 2 ny lg sakit. Satu ny betina kok mulut ny kotor mbak ya, kayak ada kluarin darah. Coklat gitu.gk mau makan.mual2 tp gk muntah,dehidrasi,minum trus,tp gak bab. Yg jantan ny mencret dan muntah kuning,mulut ny berlendir.makan minum susah. Bhkan sdh 3hr gak makan. D bawak k vet dkasih obat malah dmuntahin.kl yg betina masuk obat ny tp mulut ny berbusa trus. Apa dy gak cocok sm reaksi kimia obat y mbak. Musti gmn y mbak?
    Aq sayang bgt sm kucing dome Aq. Mereka sering mendengkur saat malam, mau ny tdur dkt aq. Skrg mereka sakit dan ad yg mati jd sepi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka terkena virus panleu, sangat mematikan. semoga adik reze mendapat penganti kucing dome ya.

      Delete
  17. saya penyuka kucing di rumah pelihara kucing ras tapi di lingkungan saya banyak kucing dome,,bahkan kalo saya ada makanan kucing lebih saya kasih ke kucing dome, saya sering ajakin kucing ras saya kluar rumah buat kenalan sama kucing" dome yg lainnya,,kucing ras dikurung,,enggak kucing ras saya, saya lepas kebetulan betina, sempet kepikiran pengen punya usaha kucing sendiri ras dan dome sedikit khawatir kalo liat kucing di pinggir jalanan, sayang banget kalo ortu gak nglarang pasti udah tak bawa pulang,,karna ortu suka pilih" kucing, beda sama saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kucing itu sama, sayang masih banyak org berpendapat kucing ras lebih bergengsi, peliharalah satu kucing dome, lihatlah perbedaannya, mereka lebih lincah.

      Delete
  18. Saya sangat suka kucing dari kecil sampe sekarang rumah selalu ada kucing. Kucing saya kucing dome juga. Pernah kucing saya punya anak 3, pas aku pulang kerja aku parkirin motor depan rumah. Pas mau berangkat ke atm aku gak nengok ke kolong kalo disitu ternyata ada kucing, eh 2 kucing kelindes 1 mati 1 lagi jadi pincang. Akhirnya aku rawat dia terus walaupun bnyak yg bilang suruh dibuang karna pincang. Justru saya kasian karna saya ngerasa salah. Selang beberapa bulan si kucing mati gatau kenapa dan induknya juga mati dipukulin orang (katanya sih nyolong burung nya). Sekarang tinggal sisa 1 :( :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah...allah telah memberi hatinyg lembut utk mau memelihara kucing. Semua akan ada kebaikkan dn keberkahan dari allah

      Delete
  19. Kalo saya suka semua kucing, sya pernah melihara kucing dome dan ras, tapi gk di bolehin sm bapak sya, krna takut pup sembarangan, ya akhirnya sya kasih ke orang yg mau adopsi, sedih rasa nya kehilangan kucing kesayangan. Padahal kucing yg dome saya ambil dijalanan yg terjepit pohon, kasian tuh kucing masih kecil sekitar 2 bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih latihan supaya pup di wc. Utk awalnya biatkan pupnya. Jgn disikat bersih agar bau atau spotnya didatangi kembalinoleh kucing tadi. Pd akhirnya walau disikat bersih..kucing akan kembali pada temapt tersenu atau wc. Begitu sik caranya

      Delete
  20. Kaka cma saran nih kalo kucing bukannya lbh sehat makan nasi ma ikan bukan sisa lo yaaaa soalnya g ada bahan kimianya ;lgian dryfood itu kek klo manusia itu makanan instan kan;btw betul kak kucing kampung aja ditendangin kucing ras?padahal sama sama kucing.klo manusia dibedain rasanya gmn?sakit kan yausah pikirin juga tu perasaan kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya, kucing adalah carnivora sejati. Tidak.membutuhkan karbohidrat krn tidak memiliki enzim utk.menyerna..tak heran, makan nasi, pup akan lembek dn bau yang meneyengat. Bolehlah sekali kali doberikan sebagai pengembira.
      Utk df, sediakn airnyang banyak, lalukan selungan dengan rebusan ikan segar atau ayam.
      Tak tak.memberi nasi pd kuci g saya.

      Saya tak.pernah membedakan kucing.krn semua sama. Kucing sbgai makluk ciptaan Allah.

      Salam sayang

      Delete
  21. Iya betul banget bnyk orang yang membeda bedakan. Bahkan sekarang saya pengen adopsi kucing dome dri dulu pgn adopsi dome tapi ga boleh sama ibu. Dikasih kucing ras aja aga gimana gitu, apalgi sampe beli mahal2. Mending dome, tinggal angkut di jln.

    ReplyDelete
  22. Buat cat lovers yg punya kucing diare g mau berenti Coba cekokin pake obat mencret manusia mbak saya pakai lodia... untuk kitten kita kasih 1/4 tablet klo udh dewasa 1/2 tablet... insha Allah langsung sembuh.... semua jenis kucing saya rasa cocok krn kucing saya ada 7 insha Allah nunggu 8 .. 6 kucing dome 1 ny persia mixdome..

    Salam sayang dri widiek di sengkang sulsel
    Sapa tw mw sharing bsa add w.a widiek 082296159971

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum kk ..
    Buat cat lovers yg pusing kucingny diare terus g mw berenti bisa coba minumin obat diare manusia mwrkny LODIA itu ampuh banget.... Insha Allah sembuh
    Takarannya : untuk kitten 1/4 tablet di halusin trus diksh air dikir nah diminumin pelan2 abis diminumin obat tenggorokannya dielus2 biar g muntah
    Untuk kucing dewasa 1/2 tablet

    Semua jenis kucing insha Allah cocok untk smua kucing krn di kost sy ada 7 kucing .. 6 kucing dome 1 kucing persia mix anggora

    Semoga cwpet sembuh..slm syg meong dr widiek di sengkang sulsel
    Add wa yah biar kita sling sharing ttg mpus 082296159971

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum kk ..
    Buat cat lovers yg pusing kucingny diare terus g mw berenti bisa coba minumin obat diare manusia mwrkny LODIA itu ampuh banget.... Insha Allah sembuh
    Takarannya : untuk kitten 1/4 tablet di halusin trus diksh air dikir nah diminumin pelan2 abis diminumin obat tenggorokannya dielus2 biar g muntah
    Untuk kucing dewasa 1/2 tablet

    Semua jenis kucing insha Allah cocok untk smua kucing krn di kost sy ada 7 kucing .. 6 kucing dome 1 kucing persia mix anggora

    Semoga cwpet sembuh..slm syg meong dr widiek di sengkang sulsel
    Add wa yah biar kita sling sharing ttg mpus 082296159971

    ReplyDelete
  26. Assm mba..saya juga punya kucing, awalnya dulu minta sama tetangga yg punya kucing mixdome, di kasih cewek.alhamdulillah sekarang kucing nya jadi banyak saking banyak nya sampe 20 ekor lebih, rumahpun riuh tiap hari, ngak bisa bersih slalu di berantakin mpus nya, yg saya salut sama mereka, kalau saya lagi malas bersih2 mereka berantakin rumah saya kayak kapal pecah, tapi kalau saya lagi rajin bersih2 mereka anteng banget liatin saya bil tidur2 di lantai..mereka udh saya anggap anak sendiri, ngak boleh keluar rumah kalau siang, hilang dikit saya cari.ampe tetangga bilang, anak nya ngak boleh main di suruh tidur siang terus takut hitam ya? Hehe kebetulan warna kucing saya putih semua..kadang pernah kepikiran buat buang mereka karna kebanyakan and rumah saya juga kecil..tapi saya slalu ngak tega, akhirnya ngak jadi di buang..suami udh agak mulai geluh, karna beli makanannya mahal banget..walaupun mereka mixdome saya tetap ngasih makanan yg sama kayak kucing ras yg bagus..dimandiin dan di kasih obat..kalau mereka sakit saya slalu mewek..hehe...
    Suami bilang saya lebih sayang kucing Ketimbang dia...

    ReplyDelete
  27. Ceritanya bagus, kayak pernah ngalamin juga geh.
    Alhamdulillah

    ReplyDelete
  28. Aku punya kucing mixdome 2 d rumah itu juga di hibahin sih biasanya ngurusin kucing dome aja yg biasa keliaran di sekitar rumah Tpi skrg mereka (kucing dome) udah pada gak ada kata anak" tetangga sih pada di buang ke pasar T.T
    Kalo buat aku gak masalah mau dome atau ras cuma ya menurut aku resikonya sama aja kalo di lepas keluar ya gtu kalo ras di curi orang kalo yg dome di ambil trus d buang kalo gak di racun orang,,
    Aku sering nemu kucing yg tiba" kejang dteng ke rumah mungkin habis d racun tpi pas mau d tolong malah dia lari ke sawah akhirnya mati, sampe pengen nangis tiap liat kucing di gituin.
    Makanya skrg pengen banget punya shelter buat kucing jenis apa aja yg ptg mereka aman gak di aniaya orang yg gak bertangung jawab

    ReplyDelete
  29. aku skrg lagi dilema mbak, pengen pelihara kucing dome karna ada yg mau hibahin ke aku sekaligus 3 masih umur 1 bulan, sedangkan orang tua ga suka katanya ngapain di ambil cuma kucing kampung kalo kucing Ras gpp di ambil. sedih bgt akutuh harus gimana yaa pdhl pengen bgt pelihara kucing apapun jenis nya gituu

    ReplyDelete
  30. Wah sama, aku juga dapat hibah kucing dome tapi masih kecil umur 2 bulan dan jamuran, waktu itu aku bawa ke pet shop yg ada kliniknya trus ada ibu2 nanya itu kucing apa dek, yah saya jawab aja domestik bu. Eh ibunya mlah bilang, domestik aja kok dibawa ke sini. Dalam hati kubilang, emang ada hukumnya kucing dome tidak boleh dibawa ke dokter hewan. Hadehhh. Apa salahnya coba qt rawat kucing apapun itu dengan baik, gak usah pilih2 lah

    ReplyDelete
  31. Maksudnya jd bahan makanan apa ya? Apa maksudnya sama kaya anjing dimakan manusia jg? Sy mau hibahkan kucing dom jd takut yg ngadop cuma mau makan tuh kucing?

    ReplyDelete
  32. saya suka kucing ras , tapi saya pelihara kucing dome karna liat dia masi kecil baru bisa jalan dan terpisah dengan ibunya jadi saya rawat sampe sekarang udah 3 bulan , juga saya kasih makanan yg royal canin , sampe temen saya yg punya kucing ras aja bilang "ngapain di kasih royal canin , mending tuh kaya kucing ku di kasi royal canin , cuma kucing kampung juga" tapi gak saya dengerin karna saya merawat kucing saya dengan ikhlas dan sepenuh hati

    ReplyDelete
  33. Saya sayang juga sama kucing dome tapi orang tua benci kucing Dome masuk keluar rumah. Didepan rumah aja diusir
    (p′︵‵。) sudah dijelaskan panjang kali lebar tapi ga suka tetap aja. Akhirnya aku maksa Adopt kitten ras, 1 bulan dirumah yang benci kucing jadi sayang. Cuma masih aja ortu nolak adopt kucing Dome di rumah... (p′︵‵。)

    ReplyDelete
  34. mereka cuma gatau mba Kucing Mix Dome dan kucing domestik di Indonesia itu kaya gimana. Padahal kalau kita rawat juga hasilnya akan sama aja seperti kucing ras.

    Dirumah saya ada 5 kucing domestik alhamdulillah sehat semua dan lucu lucu hihi.

    ReplyDelete
  35. Keren kak tulisannya. Sesuai sama isi hati aku juga. Sayangnya aku ga boleh ngerawat kucing, cuma bisa kasih makan dan nyediain tempat pup pip dan tidur aja (di luar rumah) 😊

    ReplyDelete
  36. Setuju bgt sm mbk nya..aku jg pecinta kucing dome..smga semakin bnyk orang2 kyk mbk di dunia ini..ga membeda2 an kucing .klo cet lover sejati mah mau dome mau ras smua lucu ga ada yg jelek

    ReplyDelete