Wednesday, December 25, 2013

Cemong ria, biar cantik.

by Een
Nih! anak gadis, kaga ada sopannye. Masyaa, kasih minuman ke ane, mukanye cemong gitu!.
Dalam hati ane...tadi di jalan ketemu cewe-cewe, cemooonnnggg juga. #kali lage trend.
Emang sih, ane kaga protes di depan yang empunya rumah.
Maklum nih!  ane lagi ada proyek mau bayer batubara di Sungai Danau, Banjarmasin.


"Mari diminum," kata si Nyonyahh tersenyum ramah.
Wuiiihhhh itu pipi, lalat bisa-bisa kegelincir....licinnnn, mulus, putih berseri, bebas jerawat.
Ane kaga langsung minum malah kagum..
Si Nyonyahh  kayanya  faham di kepale ane. Kagum sama kulit wajahnya.
"Ini pang bini ulun..." ujar Pak Haji, maksudnyaaa ' ini loh istri sayah'
Ane jadi ingat bini di Jakarta. Berapa duit beli kosmetik buat mukanya biar kece?
Penasaran ane...Akhirnya Bu Haji malah cerita rahasianya dengan bangga.
"Bebinian Banjar, biasa tu pang kasai bepupur basah. Jadiam muhanya licin, bungas tu pang".
Apa artinya, Pak Haji , "Perempuan banjar biasa memakai bedak basah. Jadi muka licin, cantik "

Pantessss ajeeeee, bebedak basah atau bedak dingin udah hal yang lumrah di Banjarmasin ini.
Biar kate cemong...itu biasa.
Bedak dingin adalah bedak yang terbuat dari bahan alami murah meriah. Dibuat dari tepung beras .
Bedak basah berfungsi sebagai masker untuk menghindari dari paparan sinar matahari sehingga wajah bebas dari noda, flek hitam dan keriput. Bedak  inilah rahasia awet muda karena bedak basah sebagai anti aging dan pemutih wajah alami.
Cara bikin cemong di muka itu, bedak dingin yang dibentuk menjadi butiran dan kering dilumat kembali dengan air. Ditaruh ditelapak tangan, langsung deh taruh di muka, tunggu sampe cemong.
Biarkan kering dan berjatuhan sendiri bekas bedaknya, kaga perlu dibersihkan, rontoh sendiri.

Ane ngelirik entuh ke anak gadis Pak Haji
" Ini bedak basah dari lumpur laut Mati, jadi warnanya kehijauan," sahutnya tersipu malu.
Ane maklum...babenya aje rajanye Batubara..Pantes aje bedaknya bedaaa.
Cemong berwarna hijau kehitaman..yang jelas produk pemutih wajah alami juga .

Hah!!!...ane kaget sendiri, dimaksud kemari mau nego batubara atau bedak cemong?
Demi bini ane, sampe lupa maksud utama.
Besok-besok ane suruh, cemong ria..biar cantik alami.
Srrupppppt...ane teguk entu secangkir teh yang sudah tidak hangat lagi.
Gara-gara bedak cemong..ini teh jadi kaga asuiiii lage.

***

Penulis dan gambar by Een Endahyuanah



No comments:

Post a Comment