Monday, December 1, 2014

KECANTIKAN MENURUT ISLAM

Cantik !
Cantik itu sebutan yang didambakan wanita?...# Lagu Ita Mustafa, masih ingat?
Benarkah? Ya jelas, benerrrrrr, Mbakyu...# sambil tersipu, cukup saya di sebut 'manis'.

Kenapa demikian?
Allah Subhannahu Wa Ta'ala menyukai kecantikan dibandingkan keburukan.

" Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai yang indah, murah hati dan menyukai kemurahan hati, menyukai akhlak yang luhur dan membenci akhlak yang rendah"
(HR, Bukhori)

Apakah cukup dengan cantik saja?


 Allahumma kamaa hassanta khalqii, fahassin khuluqii
Ya Allah, sebagaimana Enkau telah memperindah(fisikku) ku, maka perindah pula akhlakku
(HR. Ahmad)

Kecantikan menurut Islam dinilai bukan dari fisik saja, tetapi pada lebih pada ketaqwaan (akhlak terpuji). Kecantikan fisik akan luntur bersama usia,  tetapi kecantikan akhlak akan tetap sampai menua. Akhlak yang terpuji akan memancarkan kecantikan dari dalam yang terus bercahaya.

Kecantikan adalah anugerah dari Allah Subhannahu Wa Ta'ala,  sebagai hamba Allah, sejatinya wanita harus selalu mensyukuri nikmat dengan menjaga dan merawatnya dengan ketaatan kepada Allah. Menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Hai Nabi Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min : "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka"
(Al Ahzab:59)


Jilbab adalah aturan syar'i dalam Islam yang ditetapkan oleh Allah Subhannahu Wa Ta'ala sebagai Pemilik Alam semesta, Maha Yang Haq. Jilbab sendiri difungsikan sebagai penutup aurat bagi wanita muslimah.


Berikut dialog  tentang mengapa wanita muslim memakai jilbab.

Diambil dari face book Mbak Endang Rinie Setyawati dengan sahabatnya:

Seorang teman face book dari negara lain -- setelah menanyakan agama saya -- bertanya, “Mengapa wanita muslim menutupi tubuh dan rambut mereka?”

Saya menjawabnya dengan tersenyum, 
"Begini ya… Andai kata saya mempunyai dua buah permen
; permen yang pertama saya buka, sedangkan permen yang kedua saya biarkan tetap tertutup; lalu saya melemparkan kedua permen tersebut ke lantai yang berdebu. 
Jika saya memintamu untuk memilih dan makan satu permen, permen mana yang akan kau pilih?”


Teman saya itu menjawab dengan tegas, “Saya pilih yang tertutup!”

Bagaiman sahabat setelah membacanya, tentu akan memilih mana yang terbaik.
Memilih untuk menutup aurat dengan berjilbab.
Kecantikan menurut Islam, bukan mata yang bercelak tebal berbulu mata anti badai, bukan senyum mengoda atau pakaian yang menyolok, tetapi kecantikan muslimah adalah; 
menjaga pandangan matanya, tersenyum karena ibadah, wajah yang terbasuh air wudhu, bibir yang selalu berzikir, hati yang tulus ikhlas serta menutup tubuh berhijab dan berpakaian santun.

Ingat! Sahabat tersayang.
Pakaian yang kau pakai adalah cerminan dirimu
Kesederhanan adalah mahkota wanita muslimah.
Semoga kita menjadi bagian muslimah sejati  yaitu cantik karena ketaqwaan.

Sampai jumpa pada tulisan tentang cantik berikutnya
Semoga bermanfaat
Wassalam

***

*Terima kasih kepada mbak Endang Rinie Setyawati yang mengizinkan share.
Gambar : Internet





No comments:

Post a Comment