Wednesday, December 25, 2013

MENGAPA DOKTER BEDAH BERBAJU HIJAU?

Hijau segar [source by Google]

Kadang teman itu menjadi inspirasi keingintahuanku.

saat kutanya mengapa baju dokter bedah berwarna hijau..bukan merah atau biru.
: Pertanyaan mbak salah alamat, maaf...
Ia seorang dokter bedah...Jawaban yang tidak memuaskan. padahal aku hanya ingin tau jawaban dari sumber yang kesehariannya memakai baju hijau.


Pertanyaanku yang sederhana karena duluuuu .aku pernah dioperasi, dengan lampu yang besar diatasku berwarna putih terang. Ruangan pun berwarna putih yang melambangkan kebersihan

jika dokter yang datang itu berbaju putih,
mungkin aku berpikir sudah mati dan berada di surga.
untung dokter dan petugas operasi berbaju hijau...menentramkan
dan aku masih hidup...itu pikiranku  sebagai orang awan.


Dipikir, warna hijau memang menyegarkan, menenangkan dan menentramkan, coba kalau lagi pusing, galau ..lihat deh daun atau pemandangan warna hijau...pikiran jadi clinkkk !!!

segar kembali...mungkin itu juga menjadi alasan dipilihnya warna hijau untuk baju dokter bedah.

Dokter bedah berseragam hijau [image by Google]
Walaupun sulit dipastikan mengapa warna hijau dipakai dalam baju operasi, hijau memang cocok bagi dokter untuk melihat lebih baik di ruang pembedahan, karena hijau adalah lawan dari warna merah dalam roda warna.


Menurut seorang ahli psikologi, warna hijau dapat menyegarkan mata ahli bedah dalam melihat benda-benda berwarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah saat pembedahan. 

Melihat warna merah terus menerus menyebabkan sinyal warna merah di otak memudar sensitifitasnya terhadap variasi warna merah.


Alasan lainnya adalah, terus-menerus berfokus pada warna merah akan menyebabkan ilusi noda berwarna hijau pada latar yang berwana terang atau putih. Ini akan mengganggu penglihatan dokter. Jika warna baju ahli bedah bedah berwarna hijau, ilusi ini akan memudar dan tidak mengganggu penglihatan dokter.

Warna hijau adalah warna disukai Allah dan kegemaran Rasullah SAW.


 مُدْهَامَّتَانِ

Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya ( Surat Ar Rahmaan : 64)

Keistimewaan Warna Hijau dalam Islam dan Al-Quran

Ada banyak perkataan HIJAU di dalam ayat-ayat Al-Quran dan menjelaskan keadaan penghuni Jannah ataupun segala yang ada di sekelilingnya, berupa kenikmatan, suasana, kesenangan, ketenangan jiwa.


HIJAU juga adalah warna kegemaran Rasulullah SAW. Kubah Masjid Nabawi sendiri berwarna hijau. Simbol-simbol keIslaman di seluruh dunia adalah berwarna hijau. Warna hijau juga mampu menjadikan pandangan mata nyaman & tenang

Jelaslah bahwa warna HIJAU adalah warna Syurga, warna yang disukai oleh Allah yang mencipta warna itu dan indah pula sehingga menghiasi Syurga.



Ternyata sebelum manusia menemukan warna yang tepat untuk baju dokter bedah,warna hijau telah terdapat  dalam ayat-ayat Al Quran.

Subhanallaah..Maha benar Allah denga segala firmannya.

Semoga bermanfaat,
jika ada kekurangan, mohon dimaafkan dan share disini jika ada yang perlu ditambahan,
Terima kasih


***

No comments:

Post a Comment