Friday, November 8, 2013

KEMYENG...Permainan masa kecil dulu



       Mungkin yang seusia denganku masih ingat permainan masa kecil.
Dengan mempergunakan 5 (lima) tutup botol kaleng bekas minuman dijadikan permainan.
Kalo di kota Malang disebut main kemyeng atau rujakan.
Caranya mudah, para pemain cukup dua atau lebih  akan bergantian sesuai giliran dengan  syarat pemain yang terdahulu mati atau kalah..Pemain akan duduk berkeliling.
Ke 5 (lima) tutup botol akan di amprak (ditebardi lantai kemudian diambil salah satu tutup botol,
pemain lain akan menunjukkan bidikan mana yang akan menjadi sasaran,  umumnya letak tutup yang paling sulit. kemudian pemain akan membidiknya jika kena ia akan terus bermain yang lain menunggu hingga ia tidak bisa membidik tutup botol satu ke tutup botol yang lain.

aku dengan jagoan main kemyeng, saudara perempuanku.

Aku akan menangis jika bermain dengan kakak perempuanku Ida Chandra.
Dia jago sekali main kemyeng ..tidak memberikan kesempatan kepada pemain yang lain, sabar ya sabar sampai terkantuk-kantuk tapi yaaaaaaaaa, dia nggak mati-mati. kapan giliranku? akhirnya aku menangis keras. Juengggkelll! Setiap bermain dengannya, ia selalu pura-pura kalah sewaktu pingsut denganku, lalu aku akan bermain terlebih dahulu..tapi akukan nggak jago, tiba saatnya ia bermain, aku akan menahan kesal..kapannnnnn matinya..dan akhirnya aku lari meninggalkannya....
susah rek sing jago dilawan.


       Permain tutup botol itu memang sudah tidak di jumpai lagi. Permainan yang tidak perlu biaya untuk membeli. Anak jaman dulu sangat mengerti kesusahan orang tua hingga tercipta permainan  murah meriah tapi seru, hanya perlu ketrampilan..seperti main kempyeng ini.
Jadi rindu main kempyeng..
Ah! mau kerumah lawan tangguhku. Apa masih jago ya ?
Biasanya...diaaa selalu jago..aku selalu kalah.
hik hikz...however, I love my older sisters.

***

No comments:

Post a Comment